Senin, 21 November 2011

Teknoligi Informasi dan Komunikasi yang di gunakan dalam sea games ke 26



Ajang olahraga SEA games XXVI akan segera dibuka (11/11/2011) di Palembang. Indosat selaku pihak yang mendapat kepercayaan menjadi Prestige Partner dalam SEA games XXVI tahun 2011 ini menyatakan siap untuk mendukung kesuksesan acara ini melalui berbagai layanan telekomunikasi bagi seluruh peserta, panitia dan delegasi selama acara berlangsung.

“Kami berupaya maksimal untuk mendukung kesuksesan SEA games XXVI ini, yakni dengan menyiapkan berbagai layanan telekomunikasi data dan broadcasting yang dibutuhkan, yang didukung jaringan backbone dan satelit Palapa D yang handal, serta sumber daya dan tim yang siap 24 jam membantu seluruh peserta SEA games XXVI di berbagai lokasi dan arena, termasuk mendukung kegiatan komunikasi berbagai media dari seluruh dunia, sehingga ajang pesta olahraga ini bisa dinikmati oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia,” kata Fadzri Sentosa, selaku Director and Chief Wholesale & Infrastructure Indosat saat meninjau kesiapan sarana layanan telekomunikasi Indosat di arena SEA games di Palembang sehari sebelum pembukaan SEA games.

Sebagai satu-satunya operator yang dipercaya memberikan seluruh kebutuhan telekomunikasi selama SEA games berlangsung, Indosat dengan teknologi Fiber Optik-nya menyediakan berbagai layanan dan solusi telekomunikasi secara terintegrasi meliputi link dari International Broadcasting Center untuk siaran TV Broadcasting ke dalam dan luar negeri (Telecast) melalui jaringan satelit internasional Indosat, layanan mobile voice telephony atau selular, layanan roaming, layanan BlackBerry dan layanan pendukung lainnya.

Tak hanya itu, Indosat juga menyediakan 25 ribu Kartu Perdana Edisi SEA games dengan pulsa sebesar Rp. 10,000. Kartu Perdana ini diberikan secara GRATIS untuk para atlet, panitia, delegasi dan jurnalis.

Selain menawarkan gratis 100 menit nelpon pada pukul 00.00-17.00 WIB selama tiga hari pertama untuk seluruh komunitas SEA games, kartu perdana ini juga memiliki keuntungan lain seperti diskon 25% untuk Sambungan Langsung Internasional ke 10 negara peserta SEA games.

“Kepercayaan yang diberikan kepada Indosat, tidak hanya membuat kami bangga, namun justru lebih memacu semangat kami untuk memberikan layanan terbaik demi kesuksesan acara SEA games XXVI 2011 sehingga dapat turut mengharumkan nama bangsa di kancah dunia olahraga internasional. Hal ini juga sejalan dengan misi kami untuk menjadi operator pilihan yang memberi layanan berkualitas dan berkelas dunia yang juga dapat menghubungkan Indonesia dengan dunia internasional

Teknologi

1. Teknologi pencatatan waktu
Panita Pelaksana SEA Games XXVI Indonesia (InaSOC) bekerjasama dengan PT Maxxima mengoperasikan sistem pencatatan waktu dan skor di beberapa venues secara optimal sehingga diharapkan tidak ada kesalahan sekecil apapun dalam menghitung.
Teknologi pencatatan waktu di SEA Games XXVI sangatlah penting, diusahakan agar teknologi yang digunakan dapat setara dengan level olimpiade yang menggunakan Swiss Timing Omega. Dengan teknologi Swiss Timing Omenga dapat memberikan informasi mengenai waktu dan skor pertandingan secara detail, jelas dan real time

2. Teknologi Pencegah hujan
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kian mengembangkan teknologi pencegah hujan di SEA Games XXVI. Banyak peralatan modern yang digunakan oleh BPPT dalam menerapkan teknologi pencegah hujan. Peralatan tersebut diantaranya adalah Automatic Weather Station, Doppler weather mobile radar, pemeriksa suhu dan iklim, peralatan higroskopis, serta peralatan canggih lainnya.
Ada dua metode yang akan digunakan oleh BPPT dalam menangani hujan di SEA Games XXVI.
• Metode stabilitas awan
Cara kerja metode ini menggunakan pesawat Casa 212 dan pesawat Cesna yang aka berperan untuk menaburkan bahan higroskopis ke dalam awan.
Ketika ada awan yang baru muncul, dimana biasanya tersusun atas 100 butir air persentimeter kubik dengan ukuran masing-masing 10 mikron, awan tersebut dapat tumbuh menjadi awan hujan saat menerima tambahan uap air. Untuk itu bahan higroskopis ditaburkan kurang dari 30 mikron agar awan tersebut tetap stabil
Metode proses lompatan (jumping process)
Metode ini digunakan seandainya metode stabilitas awan kurang efektif dan awan masih berpotensi menimbulkan hujan. Cara kerja metode ini kebalikan dari metode stabilitas awan, dimana dalam metode ini akan ditaburkan bahan higroskopis lebih dari 30 mikron sehingga memaksa awan yang baru tumbuh tersebut untuk segera menjadi hujan agar curah hujannya tidak terlalu besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar